Resep dan Cara Membuat Bakso Panghegar

Thursday, November 28th, 2013 - Inovasi Bakso
Advertisement

Resep dan Cara Membuat Bakso Panghegar yang Gurih

Meskipun jualannya pakai gerobak dan keliling tapi rasanya nggak kalah enaknya dengan panghegar yang mangkal. Dan bila dirasakan lidah saya kayaknya bisa kok membuat bakso yang kayak gini rasanya.Pas hari libur baru deh saya coba membuat sendiri bakso ala panghegar dan ternyata seluruh keluarga sangat menyukai.Sebenernya ras basonya gak jauh dr rasa baso kebanyakan, cuma yg membedakannya adalah pd mienya, mei yg digunakan pada “baso Panghegar menggunakan mie yg biasa kita temukan pada mie ayam, mienya lebih kenyal, dan dihidangkan tanpa saos dan kecap.¬† Jadi kuahnya bening. kalo pun pake saos kecap untuk mienya saja (yamin) dengan kuah terpisah(isian baso, ceker dan siomay)

Bahan untuk Membuat Bakso Panghegar

Beberapa bahan untuk membuat Bakso Panghegar

Bahan baso:

  • 500 gr daging sapi(cincang dgn choper atau blender khusus untk daging)
  • 5 siung bwg puti
  • 10 gr merica halus
  • 1 sdt penuh garam
  • tepung tapioka(aci) 100 gr

Kuah:

  • 500 gr ceker ayam( presto hingga lunak) 30 menitan
  • air 900 ml
  • garam secukupnya
  • merica halus 20 gr
  • 3 siung bwg putih

Pelengkap:

  • 500 gr mie(khusus mie ayam)
  • 250 gr sawi hijau(sosin) potong-potong
  • siomay(cuanke)
  • bawang goreng
  • seledri

Cara Membuat Bakso Panghegar

Berikut ini adalah cara membuat Bakso Panghegar

  1. Baso: Semua bahan dicampur rata(digiling)
  2. Siapkan air panas, cetak adonan lalu masukan kedlm air panas td, panaskan kembali hingga muncul ke permukaan(matang). Tiriskan
  3. Kuah: Rebus ceker dgn bumbunya yg dihaluskn terlebih dahulu. tunggu sampe mendidih. tmbahkan baso dan siomay>
  4. Pd panci terpisah, rebus air untuk merebus mie dan sawi. rebus sebentar tuang ke mangkok(tanpa air)
  5. Tuang kuah ceker dan pelngkapnya, taburi bwg goreng dan seledri , baso panhegar ala Tina siap dihidangkan.
  6. Sebagai pelengkap tambahkan juga wortel yg telah digoreng terlebih dahulu.

 Resep dan Cara Membuat Bakso Panghegar

Sekarang jadi deh bakso panghegar buatan sendiri. Ini dijamin nggak ada duanya lo soalnya yang buat kan siapa dulu dong? Selamat mencoba ya.

Advertisement
Resep dan Cara Membuat Bakso Panghegar | Anis | 4.5